twitter
googleplus
facebook
View Animations
  • Peta sumbawa kuno oleh Melvill van Carnbe e P Pieter Baron 1856

  • Istana Kesultanan sumbawa Kuno

  • Sultan Djalaluddin dengan para pengawalnya

  • Istri Sultan Sumbawa Bersamawa Keluarga

  • Pejabat Kesultanan sumbawa

  • Demung Camat Kepala Kampung

  • Kondisi Perkampungan Sumbawa Kuno

  • Rakyat Pulau Sumbawa

  • YUBILIUM 1946 Bertahtanya YM.Sultan Muhammad Kaharuddin lll

  • Sultan Sumbawa Bima, dan sukarno



Infrastruktur

Sarana dan prasarana mutlak diperlukan sebagai alat pencapaian keberhasilan suatu kegiatan pembangunan untuk itu dari tahun ke tahun Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dan pihak swasta terus meningkatkannya baik dari segi mutu maupun jumlah sarana dan prasarana ini terlihat pada peningkatan sarana dan prasarana pada bidang-bidang pembangunan seperti :

Bidang pendidikan

Guna meningkatkan pendidikan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah terus berupaya membangun serta meningkatkan kualitas sekolah yang ada, saat ini di Kabupaten Lombok Tengah terdapat 226 sekolah TK, sekolah SD, 82 sekolah SMP dan 46 sekolah SMA selain itu keberadaan sekolah-sekolah swasta juga semakin bertambah jumlahnya .

Bidang pariwisata

Jumlah sarana hotel dan restoran sebagai penunjang sektor pariwisata saat ini tersedia sejumlah 18 hotel yang tersebar di wilayah kuta sebanyak16 hotel, Batukliang Utara 1 hotel, Gerupuk 1 hotel dan pada tahun ini EMAAR Properties juga akan membangun sebuah kawasan resort berkelas internasional di wilayah eks LTDC kecamatan pujut.

Bidang Kesehatan

Untuk menunjang layanan kesehatan kepada masyarakat Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah telah mendirikan pusat-pusat kesehatan masyarakat di tiap kecamatan dan sebuah rumah sakit umum selain itu juga terdapat satu rumah sakit swasta.

Bidang perhubungan

Untuk melayani mobilisasi penumpang dan barang Pemerintah baik Pemerintah Pusat, Povinsi maupun Pemerintah kabupaten Lombok Tengah terus meningkatkan mutu sarana serta menambah sarana jalan, jembatan dan sarana penunjang lainnya

Bidang – Bidang lainnya

Pembangunan sarana-sarana lain juga semakin dikembangkan baik oleh pihak swasta maupun oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah seperti pembangunan sarana perbankan, sarana komunikasi, sarana tempat ibadah, sarana olah raga serta sarana –sarana lain yang membuat masyarakat makin mudah dalam memperoleh layanan-layanan bidang terkait.

Untuk mencapai peningkatan kesejahteraan rakyat, titik berat pembangunan tidak lagi hanya terbatas kepada pencapaian pertumbuhan ekonomi yang tinggi semata, namun sudah mulai memperhatikan pembangunan kualitas manusia. Pembangunan kualitas sumber daya manusia dilaksanakan dengan menitik beratkan kepada peningkatan kemampuan dasar, salah satunya adalah peningkatan kemampuan dan keterampilan.

Atas dasar itu, dan dengan merujuk pada amanat UUD 1945 beserta amandemennya (pasal 31 ayat 2), maka pemerintah secara konsisten berupaya meningkatkan kualitas SDM, yang salah satunya ditempuh melalui jalur pendidikan. Program wajib belajar 9 tahun, Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) dan yang terakhir adalah penyediaan porsi anggaran pendidikan yang lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya, serta berbagai program pendukung lainnya adalah merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mempercepat peningkatan kualitas SDM dimaksud.

fakta lapangan memperlihatkan, ketersediaan fasilitas pendididkan baik sarana maupun sarana maupun prasarana terus ditingkatkan tidak saja dari segi kuantitas tapi juga kualitasnya. Partisipasi masyarakat dalam hal ini juga terlihat semakin meningkat. Kesemuanya diharapkan akan dapat menunjang percepatan peningkatan mutu pendidikan. Pada tahun 2007, hampir disemua level pendidikan, mulai dari pra sekolah (TK dan RA) sampai dengan sekolah menengah atas (SMU, SMK, dan Madrasah Aliyah), terjadi peningkatan jumlah sekolah dan murid dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu juga dengan jumlah guru, sejak tahun 2000 hingga tahun 2007 jumlah guru di hampir semua jenjang pendidikan terus mengalami peningkatan.

Namun demikian, peningkatan jumlah sekolah, murid dan guru tersebut belum merta diikuti oleh kenaikan berbagai ratio, karena untuk ratio-ratio tertentu malah mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentu saja disebabkan oleh peningkatan variabel yang satu belum diikuti oleh perubahan variabel yang lain secara merata dan proporsional pada berbagai level pendidikan yang ada.

untuk tingkat perguruan tinggi, selama empat terakhir baik jumlah mahasiswa maupun dosen cenderung berfluktuasi. Hal ini terlihat dari data yang ada, pada tahun 2004 jumlah mahasiswa yang tercatat di berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 1.633 orang. Jumlah ini menurun menjadi 1.236 orang pada tahun 2005, kemudian melonjak tajam menjadi 2.507 orang pada tahun 2006, dan 2.314 orang pada tahun 2007. Meskipun data yang tersedia belum lengkap tapi secara kasar dapat dikatakan mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Kondisi yang tidak jauh berbeda juga terjadi untuk tenaga pengajar atau dosen.


  • Title : Infrastruktur
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Silakan isi komentar anda

     

    Free Software

    Offical Blog

    Open Profile